Berita

Penyuluh Agama dan Pendamping Produk Halal Kecamatan Palupuh Lakukan Sosialisasi WHO 2024 di Desa Wisata Batang Palupuh

Minggu, 5 Mei 2024 14:24 WIB
  • Share this on:

Palupuh, Humas -- Penyuluh Agama Islam dan Pendamping Produk Halal KUA Kecamatan Palupuh lakukan Kampanye Wajib Halal Oktober (WHO) 2024 di Desa Wisata Kopi Luwak Batang Palupuh Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam, Kamis (4/5).
Pada kegiatan ini Pendamping Proses Produk Halal (P3H) Kecamatan Palupuh melakukan sosialisasi kepada palaku Usaha Mikro Kecil Menegah (UMKM) bahwa pada Oktober 2024 semua produk yang dijual oleh pelaku UMKM harus memiliki sertifikat halal.
Pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan terlihat antusias mendengarkan pengarahan dan pemaparan pendamping produk halal. Pelaku usaha yang datang mengikuti kegiatan langsung dibuatkan akun sihalal oleh pendamping. Adapun proses selanjutnya, pendamping akan mendampingi setiap pelaku usaha mengurus sertifikat halal produk.
Kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri oleh Wali Nagari Koto Rantang Novri Agus Parta Wijaya. Dalam sambutannya Novri menyampaiakan terimakasih kepada pendamping produk halal yang telah memilih Nagari Koto Rantang sebagai tempat untuk kampanye serentak Wajib Halal Desa Wisata Batang Palupuh.
Ia menyampaikan sangat mendukung program ini karena membantu masyarakat dalam pengurusan sertifikat halal. "Jika semua produk di Desa Wisata Batang Palupuh sudah memiliki sertifikat halal, tentu daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke desa wisata batang palupuh akan meningkat," ungkapnya.
Penyuluh Agama Fungsional KUA Kecamatan Palupuh Akmal mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan agar setiap pelaku usaha di desa wisata batang palupuh mendapatkan jaminan kehalalan dari setiap produk yang dijual, karena dalam agama juga kita diperintahkan untuk mengkonsumsi makanan atau produk yang halal dan baik. Terakhir Akmal mengatakan untuk proses pendaftaran sertifikat halal on the spot juga bisa dilakukan melalui satgas halal di kanwil kemenag/Kankemenag Kabupaten/Kota atau Penyuluh Agama Islam di KUA. "Kami siap melayani di Kantor KUA," ujarnya. AH.

#WajibHalalOktober2024
#WajibSertifikasiHalal2024
#KulinerWajibHalal2024
#P3HKecamatanPalupuh
#HumasKuaPalupuh

Editor:
kifralwi
Kontributor:
KUA Palupuh
Penulis:
AH
Fotografer:
Relita rosma