Berita

KUA Baso Laksanakan Sosialisasi WHO 2024 dan penyerahan sertifikat Halal di Desa Wisata Kolam Ikan Sakti Sungai Janiah

Minggu, 5 Mei 2024 07:34 WIB
  • Share this on:

Baso, Humas -- Sabtu 04 Mei 2024, Kepala KUA Kecamatan  Baso, Camat Baso, dan Tim Petugas Pendamping PPH (Proses Produk Halal) Penyuluh Agama Islam KUA kecamatan Baso melakukan kegiatan sosialisasi dan kampanye program Wajib Halal Oktober (WHO) 2024 di desa wisata Kolam Ikan Sakti Sungai Janiah Kenagarian Tabek Panjang Kecamatan Baso.

Kegiatan kampanye ini digelar serentak secara Nasional di 3000 desa wisata dalam rangka sosialisasi dan percepatan pendampingan dan pendaftaran produk halal bagi pelaku usaha UMKM sebelum tanggal 17 Oktober 2024.

Kepala Kantor Urusan Agama kecamatan Baso, H Ismail Roma memberikan sosialisasi pencerahan kepada para pelaku usaha yang hadir di desa wisata Kolam Ikan Sakti. Ia menjelaskan pentingnya Sertifikasi Halal untuk makanan dan minuman, apalagi objek wisata kolam ikan sakti sering dikunjungi oleh pengunjung dari berbagai daerah. Tentu akan menjadi nilai plus seketika makanan dan minuman sudah berlabel halal sebagai jaminan kepada Masyarakat/ pengunjung sehingga tidak ada keraguan dalam hal mengkonsumsinya, jelasnya.

Selanjutnya H. Ismail Roma memberikan motivasi kepada pelaku usaha UMKM yang belum mendaftarkan produknya untuk segera menghubungi pendamping PPPH KUA kecamatan Baso. "Pendaftaran ini gratis, tidak dipungut biaya apapun. Cukup dengan menghubungi atau mendatangi KUA saja, bapak ibuk pelaku usaha akan didampingi pengurusan sertifikat halal sampai tuntas," ungkapnya.

Dikesempatan itu juga diserahkan 10 sertifikat Halal kepada pelaku usaha UMKM sebagai bentuk apresiasi penghargaan yang telah mendaftarkan dan mengurus sertifikat halal melalui PPPH KUA Baso. Sertifikat halal ini diserahkan oleh camat Baso, kepala KUA dan pendamping PPPH. Kegiatan ini ditutup dengan poto bersama pelaku usaha UMKM yang tampak begitu bersemangat mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir. (Muhammad Zakir)

Editor:
kifralwi
Kontributor:
KUA Baso
Penulis:
Muhammad Zakir, Lc. MA