Berita

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Agam Resmikan Parenting Education MAN 5 Agam

Jumat, 19 Juli 2024 21:23 WIB
  • Share this on:

Lubuk Basung, Humas -- MAN 5 Agam menyelenggarakan acara Parenting Education pada Kamis (18/07). Kegiatan ini merupakan upaya inovatif untuk membimbing anak-anak di Era Digital. Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Agam, Edi Zalman yang mengapresiasi inisiatif sekolah.

Dalam sambutannya, Edi Zalman menekankan pentingnya peran orang tua dalam pendidikan anak "Pendidikan yang pertama dan utama adalah keluarga. Peran orang tua dalam mendidik anak sangat berpengaruh dalam pembentukan karakter anak di masa mendatang," jelasnya.

Acara ini dihadiri oleh Kepala MAN 5 Agam, KAUR TU, guru, staf, dan orang tua siswa Fase E, yang merupakan siswa baru di MAN 5 Agam. Kepala MAN 5 Agam Suhermi menyampaikan "Dalam membentuk karakter peserta didik, kolaborasi antara sekolah dan keluarga sangat diperlukan," terangnya.

Dedi Efendi, praktisi pendidikan dan teknologi yang juga salah satu guru di MAN 5 Agam memandu acara dengan memberikan wawasan mendalam tentang dampak teknologi terhadap perkembangan anak. Diskusi mencakup strategi efektif dalam mengelola waktu dan penggunaan gadget, serta pentingnya komunikasi terbuka antara orang tua dan anak untuk membangun hubungan keluarga yang sehat.

Dedi Efendi menyatakan, "Pendidikan parenting bukan hanya tentang memberikan aturan, tetapi juga memahami perubahan sosial dan teknologi yang memengaruhi cara kita mendidik anak-anak. Orang tua perlu terus belajar dan beradaptasi agar bisa memberikan pendampingan yang tepat bagi anak-anak mereka," ujarnya.

Dengan kompleksitas tuntutan kehidupan modern yang terus meningkat, pendidikan parenting dianggap krusial dalam mempersiapkan orang tua menghadapi berbagai tantangan dalam mendidik anak. Diharapkan, pendidikan parenting akan terus berkembang sebagai bagian penting dari upaya masyarakat dalam mempersiapkan generasi masa depan yang tangguh dan adaptif terhadap perubahan zaman. (Humas_Meri)

Editor:
kifralwi
Kontributor:
MAN 5 AGAM
Penulis:
Meriza Nitra
Fotografer:
Riri Permata Sari